shookai

hajimemashite,,
watashi wa tia desu..
doozo yoroshiku.... :)

Senin, 25 April 2011

Perempuan Indonesia


Teman-teman, apa sih sebenarnya yang ngebedain perempuan indonesia dengan perempuan dari belahan dunia lainnya ??
Banyak perbedaannya dan itu merupakan keistimewaan buat kita perempuan indonesia. J
Teman-teman tau ga kenapa R.A Kartini bisa ngproklamirkan emansipasi wanita buat kita-kita ? karna kartini itu perempuan indonesia yang cinta budaya indonesia.
Kamu cinta budaya indonesia ?
Kamu tau apa aja tentang budaya indonesia ?

Okeh, kita bahas pakaian perempuan indonesia ajah yah. Karna pakaian adalah salah satu dari tujuh kebudayaan universal.
Kamu pernah perhatiin perbedaan pakaian R.A kartini dengan pakaian perempuan Indonesia sekarang ? coba aku tebak, kamu pasti akan jawab, pakaian kartini mah jadul banget, beda ama pakaian kita-kita, udah GAUL banget.
Kamu salah besar beibh. aku, kamu n perempuan indonesia lainnya yang berfikiran seperti itu harus sadar kalo kita dipemikiran yang salah.
Coba kamu perhatiin foto R.A kartini atau pun perempuan Indonesia yang di jaman dulu. Wajah ayu tanpa polesan make up  dengan senyuman kecil, dengan kebaya melekat dibadan, kain panjang  bermotif batik melilit dipinggang yang menutup tubuh bagian pinggang kebawah dan tak lupa, sanggul dikepala.
Mari kita perhatikan perempuan indonesia sekarang, tubuh nan indah yang ditutupi kain yang tak siap jahitan, muka berpoles make up, rambut yang berwarna dan alas kaki berhak tinggi.
Beda 180% bukan?
Sedikit saya jelaskan makna dari pakaian perempuan indonesia jaman dulu.
Muka ayu tanpa make up itu menggambarkan keramahan perempuan indonesia, senyum kecil yang menggambarkan Kelembutan mereka yang mempunyai cita-cita yang teguh yang mereka yakin tercapai.
Kebaya yang menutupi badan, apa kamu pernah menemukan perempuan di negara lain yang menggunakan kebaya ? mungkin kamu tidak akan pernah menemukan karena itu adalah kebudayaan perempuan indonesia. Itu adalah salah satu bukti kecintaan mereka akan budaya indonesia. Pakaian yang sopan melambangkan kepribadian mereka.
Kain panjang bermotif batik melilit pinggang yang menutup tubuh bagian bawah. Apa kamu pernah mengenakan kain panjang bermotif batik yang dililitkan dipinggang dalam keseharian? Kalo belum kamu perlu coba. Kamu akan tahu apa yang terjadi dengan langkah-langkah kaki indah mu. Kaki-kaki kecil mu yang indah akan melangkah dalam aturan yang indah. Kamu akan berjalan dalam aturan yang membawa kamu dalam kebaikan. Mereka berjalan begitu anggun bukan?
Sanggul dikepala, itu mempunyai makna yang dalam teman. Kamu pernah coba memakai sanggul. Berat bukan ? mungkin kamu akan merasakan pusing atau sakit kepala karena kamu tidak terbiasa. Sanggul yang berat membuat kepala kamu tidak menunduk atau membungkuk. Itu menggambarkan bahwa perempuan indonesia tetap dapat menatap masa depan dengan wajah yang mantap. Masalah berat bukan lah hambatan untuk meraih cita-cita.
Dan saya ingin bertanya kepada teman-teman, apa makna yang dapat teman kasih tau saya tentang pakaian perempuan indonesia sekarang ?
Sedikit pesan, mari kita cintai budaya kita wanita indonesia yang berpaham timur. Jaga budaya kita, jika kita tak bisa serupa dengan kartini dan perempuan indonesia lainnya tapi kita harus bisa menyeimbangi mereka.
Kalo bukan kita siapa lagi yang bakalan ngejaga budaya kita??? Jangan nunggu diambil negara lain baru ngomel-ngomel ga jelas.
Ok generasi penerus bangsa, buktikan kalo kamu emang penerus bangsa yang baik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar